Powered By Blogger

Translate

BUKBER... OOH BUKBER...

BUKBER... OOH BUKBER...
Posted by: Arsdyansyah

Bulan Ramadhan adalah bulan yang dinantikan oleh setiap muslimin & muslimat di seluruh dunia pada setiap tahunnya. Pada Bulan Ramadhan ini, terdapat salah satu bagian dari Rukun Islam, yaitu BERPUASA Selama Bulan Ramadhan (1 bulan penuh).

Tujuan Berpuasa ini adalah untuk ikut merasakan apa yang dialami oleh kaum fakir miskin dan yang kurang beruntung. Sangat jelas dituliskan artinya dalam Al-Quran & Hadits.

Umat Islam di seluruh dunia pun berlomba-lomba untuk bisa menjalankan ibadah Puasa Ramadhan ini dengan sempurna.
Sungguh luar biasa.

Namun pada pelaksanaannya, terutama di beberapa tahun ke belakang ini, adalah munculnya trend baru, yaitu Buka Puasa Bersama yang sering disingkat BUKBER. Dari Puasa di hari pertama, banyak orang yang berlomba-lomba mengadakan Buka Puasa Bersama, mereka bikin status dan upload foto di berbagai social media. Kebanggaan dan kebahagiaan bagi mereka saat melakukan itu semua.

Memang tampak tidak ada yang salah dengan acara BUKBER ini, karena alasannya adalah: Kebersamaan Dalam Menikmati Buka Puasa setelah seharian berpuasa.
Selain itu memang biaya untuk Buka Bersama adalah dari mereka sendiri (perorangan / patungan). Apalagi acara Berbuka Puasa Bersama ini dilaksanakan bareng Anak Yatim, Fakir Miskin & yang Kurang Beruntung, bahkan di Panti Asuhan. Jelas sangat indah.

Namun yang menjadi persoalan adalah acara BUKBER yang dilakukan oleh beberapa kelompok / komunitas di tempat makan mewah. Dimana pengeluaran biaya cukup besar terhamburkan disana.
Selain itu, Sholat Maghrib yang tertinggalkan saat itu. Begitu pula Sholat Isya' & Sholat Tarawih terlupakan. Ini sangat disayangkan.

Perlu kita telaah lagi tujuan utama dari Puasa di Bulan Ramadhan, yaitu agar yang mampu bisa merasakan derita Kaum Fakir & yang Kurang Beruntung.
Cukup 1 bulan kita berpuasa, sedangkan masih banyak Kaum Fakir & yang Kurang Beruntung mungkin merasakan kelaparan (susah untuk bisa makan 1x sehari) itu selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Pernahkah kita berpikir, saat kita sudah siap berbuka puasa di meja makan yang penuh hidangan, apakah Kaum Fakir & yang Kurang Beruntung juga bisa berbuka puasa saat itu?
Sebenarnya, masih banyak Kaum Fakir & yang Kurang Beruntung yang tidak bisa makan saat waktu Berbuka itu tiba.

Pernahkah terlintas dalam benak kita untuk bertanya kepada tetangga kiri-kanan kita, apakah hidangan Berbuka sudah tersedia & cukup untuk dinikmati bersama keluarga mereka?
Kalau mau jujur, masih banyak keluarga yang harus membagi 1 piring nasi untuk disantap bersama sekeluarga.

Dari contoh-contoh diatas, maka pertanyaan berikutnya adalah:
- Masihkah kita harus mengadakan acara Buka Puasa Bersama di tempat yang mewah & mahal?
- Nikmatkah kita menelan menu-menu yang tersaji saat acara Buka Puasa Bersama itu?
- Sudahkah kita benar-benar ikut merasakan penderitaan Kaum Fakir & yang Kurang Beruntung?

Jangan langsung kita jawab setelah membaca pertanyaan diatas.
Bacalah berulang kali untuk setiap pertanyaan-pertanyaan diatas dengan kepala dingin dan rileks.
Baru kita jawab satu persatu pertanyaan diatas.
Cukup sampai disini? Jawabnya adalah: TIDAK!
Setelah itu, marilah kita renungkan apa yang sudah kita lakukan selama Bulan Ramadhan ini agar tujuan utama dari Ibadah Puasa Ramadhan bisa kita raih dengan sempurna.

Semoga sekelumit tulisan ini bisa membuat perubahan berarti dalam hidup, kehidupan dan penghidupan kita di dunia ini. Amiin.

Salam Budaya Lukis Tusuk Gigi T-WooL.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "BUKBER... OOH BUKBER..."

Post a Comment