Powered By Blogger

Translate

MENGUNGKAP TABIR WARNA UNGU

MENGUNGKAP TABIR WARNA UNGU

Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia, Ungu adalah:
jenis warna antara violet dan magenta. Ungu dalam bahasa Inggris purple dan berasal dari bahasa Latin purpura.

Warna ungu menunjukkan pengaruh, pandangan ketiga, kekuatan spiritual, pengetahuan yang tersembunyi, aspirasi yang tinggi, kebangsawanan, upacara, misteri, pencerahan, telepati, empati, arogan, intuisi, kepercayaan yang dalam, ambisi, magic atau keajaiban, harga diri.

Pada jaman sekarang ini, warna ungu mungkin bukanlah sebuah warna yang istimewa dan sangat mudah didapatkan.

Tapi pada jaman dahulu, warna ungu adalah warna yang sangat istimewa. Harga dari pewarna ungu sangat mahal dan kalaupun punya uang untuk membeli pewarna ungu, belum tentu termasuk golongan orang-orang yang boleh menggunakan warna ungu.

Pada jaman kerajaan, terutama di wilayah Romawi, Mesir dan Persia, ungu adalah warna yang berhubungan dengan keluarga kerajaan. Warna ungu juga berhubungan dengan spiritualitas dan kesucian, sehingga kaisar, raja dan ratu yang memakai warna ungu dianggap sebagai keturunan atau jelmaan dari dewa.

Hal ini karena pada jaman dahulu, pewarna sintetis dari bahan kimia belum ada. Untuk mewarnai kain ataupun untuk cat lukis, warna didapatkan dari pigmen alami seperti tumbuhan, hewan dan logam.

Semakin langka bahannya, maka akan semakin mahal pewarna tersebut.

Di Inggris pada tahun 1558 - 1603, sebuah hukum yang disebut Sumptuary Laws, yang mengatur tentang penggunaan warna, karena tidak semua warna bisa dan boleh digunakan oleh semua orang/masyarakat.

Warna emas, perak, merah krimson, biru indigo, violet, bahkan putih dan hitam murni, hanya boleh digunakan oleh para bangsawan.

Sementara itu, warna ungu ternyata memiliki derajat yang lebih tinggi lagi. Hanya raja, ratu, ibu suri, anak, saudara perempuan dari ratu, saudara laki-laki dari raja, bibi dari ratu, dan paman dari raja yang diperbolehkan untuk memakai warna ungu.
---
---
---
---
Mengapa warna ungu sangat langka, mahal dan hanya boleh digunakan oleh orang-orang tertentu?

Karena pada jaman dahulu, pewarna sintetis dari bahan kimia belum ada. Warna-warna yang ada didapatkan dari pigmen alami, seperti tumbuhan, hewan dan logam. Semakin langka bahannya, maka akan semakin mahal pula harga pewarna tersebut.

Warna ungu sendiri diperoleh dari moluska bernama Bolinus brandaris yang berasal dari kota Tyre (sekarang menjadi bagian dari Lebanon). Dari 9000 moluska hanya menghasilkan satu gram warna ungu yang disebut sebagai Tyrian purple.

Pada tahun 1856, William Henry Perkin, seorang ahli kimia Inggris, mengubah dunia dengan secara tidak sengaja menemukan warna ungu sintetis ketika sedang bekerja dengan quinine, obat anti malaria.

Ia kemudian mematenkan warna ungu dengan nama Aniline Purple dan Tyrian Purple.

Pada tahun 1859, temuan warna ungu oleh Perkin, dikenal dengan nama "mauve" (nama bunga berwarna ungu dalam bahasa Perancis).

Sejak saat itu, ungu tidak lagi menjadi istimewa dan super mahal harganya serta mudah didapatkan. Faktor ini membuat semua orang bisa menggunakan warna ungu.

UNGU = WARNA JANDA...???

Di masyarakat Indonesia, muncul mitos mengartikan ungu sebagai warna janda. Entah sejak kapan mitos ini ada & berasal. Konon warna ungu disimbolkan sebagai bentuk rasa kesedihan seorang istri yang ditinggal mati oleh suaminya.

Untuk lebih jelasnya tentang warna ungu, silahkan klik link dibawah ini...


---
---
---
---
• T-WooL & Sosmed •

√ Like & Subscribe Youtube T-WooL:
https://www.youtube.com/channel/UC8q-Y1yRNlrxtWT2E-NsLQw
---
√ Follow Instagram T-WooL:
https://www.instagram.com/senilukis_tusukgigi_twool/?hl=id
---
√ Follow Google+ T-WooL:
https://plus.google.com/+LukisTusukGigiT-Wool
---
√ Add FB T-WooL:
https://m.facebook.com/profile.php
---
√ Like & Follow FB Fanspage T-WooL:
https://m.facebook.com/lukistusukgigi/?ref=bookmarks
---
√ Joint FB Group T-WooL:
https://m.facebook.com/groups/213830128640140?ref=bookmarks
---
√ Follow Blog T-WooL:
https://www.blogger.com/blogger.g?blogID=926270072761007777#allposts
---
√ Google maps T-WooL:
https://goo.gl/maps/jCEZwVNDcAw
Gubuk T-WooL,
Ds. Panggungsari Rt. 3, Rw. 1, Durenan, Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur 66381
---
√ HP/WA/Telegram: 0838-4604-5055
---
Salam Budaya Lukis Tusuk Gigi T-WooL

πŸ™πŸ½πŸ™πŸΏπŸ™ πŸ½πŸ™πŸΏ

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MENGUNGKAP TABIR WARNA UNGU"

Post a Comment